HUT PGRI KE 73 PENGHARGAAN BAGI GURU

Peringatan Hari Guru Nasional yang di laksanakan pada hari Senin, 26 November 2018 berlangsung dengan meriah. Acara di mulai dengan upacara pengibaran Bendera yang kesemua pelaksana upacara adalah guru dan staf  bidang di MAN 1 Pekanbaru. Upacara bendera di pimpin oleh ibu Yusnimar, M.Ag dan Pembina upacara oleh Kepala kantor Kemenag Kota Pekanbaru, Bapak Drs. H Edwar S.Umar. Dalam amanatnya, Pembina upacara mengingatkan semua peserta upacara agar mengenang kembali sejarah panjang lahirnya Organisasi guru yang telah ada sejak awal proklamasi Indonesia. Organisasi guru yang awalnya di tolak oleh pemerintah Belanda yang tetap ingin menjajah Indonesia, akhirnya pada hari ini telah sampai pada usia yang ke 73 tahun. Persatuan Guru Republik Indonesia atau disingkat PGRI adalah wadah bagi guru – guru di seluruh pelosok negeri untuk menunjukkan cintanya pada negeri ini, mengabdi untuk mencerdaskan anak bangsa. Profesi guru yang dulu dipandang sebelah mata, sekarang menjadi salah satu profesi yang banyak diminati oleh anak muda karena guru yang bersertifikasi telah mendapatkan banyak income dan setara dengan profesi lainnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan bagi guru berprestasi. Guru – guru yang mendapatkan penghargaan adalah para pembimbing siswa – siswi MAN 1 yang menang pada lomba – lomba bidang akademik, olah raga, keagamaan dan seni baik di tingkat provinsi maupun di tingkat nasional.

OSIS kemudian melanjutkan tradisi setiap tahun dengan membawa sebuah motor modifikasi menjemput Bapak kakankemenag kota Pekanbaru, Kepala MAN 1 Pekanbaru, Kapala TU dan  Waka Kesiswaan, ibu Rajulaini M.Pd. berkeliling lapangan dengan sorak sorai dari seluruh siswa. OSIS telah menyiapkan nasi tumpeng yang kemudian dipotong oleh bapak Drs. H.Edwar S Umar dan Bapak H.Marzuki, M.Ag. Sebagai tanda perayaan dilepaskanlah balon merah putih ke angkasa untuk lambang keinginan besar seluruh siswa – siswi MAN 1 melambungkan cita – cita mereka setinggi langit.

Hari semakin tinggi, namun semangat guru, dan siswa tidak luntur karena panitia dari OSIS telah menyiapkan acara pertandingan yang seru. Pada tahun ini ada lomba tangkap belut dan balon air untuk para ibu guru dan bagi para bapak guru ada lomba tangkap belut, futsal dan lomba memasak. Banyak keseruan terjadi dalam lomba – lomba ini. Amat terasa kedekatan guru dengan guru, siswa dengan guru dan semua civitas akademika MAN 1 Pekanbaru.

Semoga seluruh guru MAN 1 Pekanbaru dapat selalu menjadi panutan, contoh dan teladan yang baik bagi siswa dan siswinya. Guru sejatinya adalah orang yang dapat di gugu dan ditiru. Selamat Hari Guru Nasional ke 73. Jayalah selalu semua Guru dimanapun engkau berada.

 

Bagikan :