BIMBINGAN KITAB KUNING OLEH H.MARZUKI,M.AG

#Siswa MAN 1 Pekanbaru diberikan Bimbingan Pembacaan Kitab Kuning yang di tulis oleh H.Marzuki, M.Ag kepala MAN 1 Pekanbaru.

Bidang Kurikulum bekerjasama dengan Pembina asrama Al ghuroba melaksanakan sosialisasi bimbingan pembacaan kitab kuning bagi siswa jurusan Agama kelas X, XI dan XII di Aula utama MAN 1 Pekanbaru. Acara ini bertujuan untuk memberikan bimbingan kepada seluruh siswa jurusan agama untuk dapat membaca kitab kuning. Buku bimbingan pembacaan kitab kuning yang di tulis oleh H. Marzuki, M.Ag berjudul: Irsyad Ta’lim al Lughoh al ‘Arabiyah telah di terjemahkan ke dalam bahasa Arab oleh Tim Bahasa yaitu: Muhammad Azro’i, M.Pd, Rido Kurnia, S.Pd, Mahmudi, M.Pd, Rafiki Munawar, M.Pd, dan Fadhli, S.Pd. Pentashih buku terjemahan oleh Syeh Athief Abdul Muthalib.

Siswa kelas agama yang ikut serta dalam bimbingan dan pembekalan pembacaan kitab kuning atau Qiroatul Qutup sejumlah 102 siswa dari 4 kelas agama yang ada di MAN 1 Pekanbaru, dibagi dalam 2 sesi yaitu sesi 1 untuk siswa kelas X dan sesi 2 untuk siswa kelas XI. Seluruh siswa terlihat sangat bersemangat mendengarkan bimbingan dari kepala madrasah dan salah satu siswa diminta untuk mendemonstasikan kemampuan membaca kitab kuning di hadapan teman – temannya yang lain.

Setelah acara sosialisasi ini seluruh siswa kelas X dan XI agama akan mendapatkan pembelajaran pembacaan kitab kuning di kelas masing – masing secara intensif selama satu bulan. Diakhir program intensif kelas agama ini, seluruh siswa akan diberikan tes atau ujian pembacaan kitab kuning layaknya siswa pesantren. Karena siswa kelas Agama di perlakukan sama layaknya siswa pesantren pada umumnya. Diharapkan nantinya tamatan MAN 1 Pekanbaru jurusan Agama mampu membaca kitab kuning.

Bagikan :