900 SISWA BERSAING MASUK MAN 1 PEKANBARU

Humas MAN 1 PKU- Sebanyak 900 siswa kelas IX tingkat SMP/ MTs sederajat dari Kabupaten/ Kota se Provinsi Riau serta dari Sumatera Barat bersaing di Penelusuran Siswa Unggul (PSU) MAN 1 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2019/2020, Ahad (17/2/2019) di MAN 1 Pekanbaru.

Acara pembukaan tes Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalus PSU MAN 1 Pekanbaru dibuka oleh Kasi Kurikulum Ditjen Pendis Kemenag RI, H Suwardi MA didampingi Kepala MAN 1 Pekanbaru H Maruzuki M Ag, Ketua PSU MAN 1 Pekanbaru Dra Samnilwati M Pd, Kepala Tata Usaha MAN 1 Pekanbaru, Elvi Susanti M Pd, majelis guru dan seluruh peserta tes.

Kasi Kurikulum Ditjen Pendis Kemenag RI, H Suwardi MA usai membuka secara resmi pelaksanaan tes PPDB PSU MAN 1 Pekanbaru mengatakan, sistem seleksi siswa unggul MAN 1 Pekanbaru melalui tes tertulis dan wawancara, sangat luar biasa dalam rangka menjaring calon peserta didik yang berkualitas yang merupakan calon pemimpin masa depan.

“Sistem PPDB sangat baik dalam rangka menjaring calon peserta didik baru yang berkualitas, karena madrasah yang hebat adalah madrasah yang siswa- siswinya hebat, madrasah yang hebat adalah madrasah yang guru- gurunya hebat, madrasah yang hebat adalah madrasah yang memiliki kepala madrasah yang hebat yang memberi keleluasaan kepada guru untuk berinovasi dan berkreativitas. Madrasah yang hebat adalah madrasah yang berpretasi baik tingkat lokal, nasional dan internasional,” tegasnya penuh semangat. “Selamat kepada MAN 1 Pekanbaru membuktikan dirinya di mata nasional dengan telah banyaknya prestasi tingkat nasional maupun internasional yang telah diraih, termasuk prestasi dalam bidang research dan robotik, ini sangat luar biasa, semoga kedepan MAN 1 Pekanbaru menjadi madrasah unggulan nasional yang menjadi rujukan bagi madrasah lain di Indonesia,” tambahnya.

Untuk itu, kepada calon peserta didik baru MAN 1 Pekanbaru, Suwardi menitipkan 5 kunci sukses belajar di madrasah, yaitu Memiliki Impian, Belajar dengan Giat, Yakin, Senantiasa Bedoa kepada Allah SWT dan Tawakkal.

Kepala MAN 1 Pekanbaru H Marzuki M Ag, dengan system PPDB PSU MAN 1 Pekanbaru yang cukup ketat, akan terjaring siwa unggulan bidang research, robotic, olimpiade dan keagamaan. Dimana, masing- masing smart class tersebut, mempersiapkan siswa untuk ahli dibidangnya masing- masing sekaligus mempersiapkan siswa untuk bisa tampil di kanca nasional dan internasional menuju MAN 1 sebagai Madrasah Research Nasional (Madrina).

“Adal 5 smart class terdiri dari Smart Class MIA dalam bidang riset, olimpiade dan robotic, Smart Class Ilmu Sosial bidang ilmu bumi, geografi, dan ekonomi dan Smart Class Agama kita persiapkan siswa kita untuk ke Perguruan Tinggi Negeri Favorite dan ke Timur Tengah. Alhamdulillah, semua kelas smart kita sangat diminasti oleh siswa dan orang tua siswa,” ungkapnya.

Ketua PSU MAN 1 Pekanbaru Sarnilawati M Pd, proses seleksi PSU MAN 1 Pekanbaru terdiri tes tertulis untuk masing- masing smart class dan tes wawancara untuk jurusan agama berupa baca Alqur’an dan kitab kuning. Peserta tes berasal dari 12 Kabupaten/ Kota se Provinsi Riau dan bahkan ada dari Sumatera Barat.

“Alhamdulillah dari 1.178 yang mendaftar online sebanyak 278 tidak lulus verifikasi. Dan pada hari ini sebanyak 900 peserta yang telah dinyatakan lulus verifikasi untuk 5 class smart dan berhak mengikuti tes, tertulis dan wawancara. Pelaksanaan tes di 30 lokal dengan 900 peserta, terdiri dari Jurusan MIA Robotik sebanyak 56 orang, MIA Research 229 orang, MIA Olimpiade 260 orang. Jurusan Sosial 221 peserta dan Jurusan agama sebanyak 134 orang,” jelasnya.

Pada TA 2019/2020 MAN 1 Pekanbaru menerima 6 lokal atau 150 orang siswa berprestasi untuk PSU terdiri dari Smart Class Kimia (MIA) sebanyak 3 kelas yaitu Robotic, Riset, dan Olimpiade. Smart Class Agama terdiri dari 2 lokal untuk kelas Putra dan Putri. Dan Smart Class Ilmu Ilmu Sosial (IIS) 1 kelas.

Proses pendaftaran dimulai sejak 28 Januari hingga 15 Februari 2019, pelaksanaan tes bagi yang lulus verifikasi 17 Februari 2019 dan pengumuman hasil tes pada 19 Februari 2019. Untuk pengumuman peserta yang lulus dapat diakses di website MAN 1 Pekanbaru http:/www.man1pekanbaru.sch.id. (tim humas)

 

Bagikan :