GUBRI : MAN 1 PELOPOR SDM YANG BERAKHLAK KARIMAH

Pemerintah Provinsi Riau sangat menaruh harapan kepada MAN 1 Pekanbaru untuk terus berupaya meningkatkan dan mengembangkan program pendidikan yang telah ada, dengan melakukan inovasi yang tampa henti, terobosan-terobosan ilmiah dan lainnya. Sehingga jadi pelopor bagi suksesnya pembangunan SDM di Provinsi Riau.

Hal tersebut ditegaskan Gubernur Riau, Drs H Syamsuar M Si, Sabtu (23/3/2019) pagi saat memberikan kata sambutan sekaligus membuka semarak Milad ke- 41 MAN 1 Pekanbaru di Lapangan MAN 1 Pekanbaru.

Gubri mengatakan, momentum hari jadi diharapkan dapat membangkitkan semangat untuk menjadikan MAN 1 Pekanbaru sebagai pelopor pendidikan barbasis Islam, khususnya di Provinsi Riau. Acara milad merupakan napak tilas keberhasilan penyelenggaraan pendidikan, hendaknya tidak hanya menjadi acara rutin yang sifatnya seremonial saja, tetapi harus disikapi secara arif dan bijak untuk melakukan koreksi terhadap manajerial penyelenggaraan pendidikan, mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan penilaian terhadap hasil yang dicapai.

“Sebagai salah setu sekolah berbasis Islam kebanggaan masyarakat Riau, ia mengharapkan MAN 1 Pekanbaru mampu memposisikan diri menjadi madrasah Islami, terdepan, populis dengan lingkungan yang asri, sesuai dengan Visi MAN 1 Pekanbaru,” ucapnya.

Menurutnya, semakin pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini, menuntut siswa siswi yang berkualitas dan memiliki daya saing. Oleh karena itu tingkat kesadaran untuk terus belajar, menambah dan memperluas wawasan harus melekat dalam diri siswa, ini menjadi cambuk bagi pendidik untuk dapat meningkatkan kualitas anak didiknya agar mampu bersaing dengan siswa siswi dari sekolah lain dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Era globalisasi merupakan zaman dimana berubahnya semua aspek kehidupan karena pengaruh budaya luar yang dapat merusak moral dan akhlak generasi muda. Namun demikian, arus globalisasi juga berdampak positif.

“Era globalisasi merupakan sebuah ancaman sekaligus tantangan bagi generasi muda. Untuk itu dunia pendidikan menjadi modal utama untuk menentukan nasib bangsa ini, jika kondisi pendidikan memburuk maka nasib bangsa akan hancur,” ungkap mantan Bupati Siak ini.

Untuk itu era globalisasi yang merupakan siklus perputaran zona kehidupan yang semakin menjauh dari syariat Islam harus disikapi dengan baik. “Untuk menjawab tantangan tersebut saya mengajak jajaran pendidikan, khususnya di MAN 1 Pekanbaru agar dapat dijadikan tolak ukur bagi generasi muda untuk bersikap dan membudayakan moral sebagai generasi yang baik. Menyebarkan ilmu yang dimiliki kepada sesama meski hanya sebutir, karena itu sangat berarti bagi kemajuan generasi muda yang akan datang,” pesan Gubri.

“Selamat Milad ke- 41 MAN 1 Pekanbaru, 9 tahun lagi MAN 1 sudah bisa masuk Cagar Budaya Nasional sesuai Undang Undang yang ada. Semoga tetap berkarya. Mewakili Pemerintah Provinsi Riau berharap dan mengajak, mari kita bangkit untuk mengejar dan membangun daerah ini dengan cara melahirkan generasi muda yang terdidik dan berakhlakul karimah, sehingga Provinsi Riau bisa menjadi barometer dibidang pendidikan agama bagi daerah lain,” harap Gubri seraya mengucapkan selamat Milad MAN 1 Pekanbaru dan selamat bertanding para peserta lomba dari berbagai daerah di Riau dan Sumatera. (sarnilawati)

Bagikan :